Anak SD Kanisius Bisa Berkarya Bikin Batik Lokal Pati

media suara kita
0
Siswa-Siswi SD Kanisius Bisa Bikin Batik Lokal Pati

PATI-mediasuarakita.com - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kurikulum Merdeka tujuannya adalah mendorong dan terwujudnya profil pelajar Pancasila dengan pendekatan melalui pembelajaran berbasis projek ketrampilan.


Diharapkan para tenaga pendidik dapat mendampingi peserta didik yang sedang dalam proses belajar melukis dan menggambar batik. Dengan begitu, mereka dapat mengembangkan kemampuanya dan membentuk karakter yang sesuai dengan nilai-nilai dalam profil pelajar Pancasila.


Hal ini pula yang dilakukan oleh Sekolah Dasar (SD) Kanisius Pati, pada hari Jum'at tanggal 20 September 2024 melaksanakan pendampingan kepada 122 siswa bertempat di Wisata Batik Pati "Yuliati Warno Batik" desa Langgenharjo RT 07/RW 03 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Jawa Tengah. 


Kegiatan P5 SD Kanisius Pati tersebut dilaksanakan guna memberikan pembekalan pengetahuan kepada siswa dengan mengusung tema Kearifan Lokal untuk mengenal budaya Batik.


Kepala Sekolah SD Kanisius Pati Raden Roro Dyahrika Puspitasari, S.T menyebut, bahwa kegiatan ini untuk memperkenalkan batik kepada siswa SD Kanisius dengan berwisata Batik serta mengunjungi langsung tempat produksinya. "Diharapkan dapat menjadi media untuk mengajarkan nilai-nilai luhur, pengetahuan tentang budaya lokal," ujarnya.


Menurutnya, Batik bisa menjadi sarana untuk lebih mendekatkan anak pada budaya bangsa. "Karena Batik relatif lebih dekat dengan keseharian kita. Terlebih saat ini banyak tersedia busana batik untuk anak, mulai dari seragam sekolah sampai pakaian untuk acara formal," lanjut dia. 


"Supaya anak lebih mengenal dan bisa lebih menghargai, batik itu juga menumbuhkan kecintaan  budaya batik dalam dari anak. Dengan demikian, anak akan semakin menghargai warisan budaya bangsa." tandasnya.


Tidak hanya itu mendapatkan pencerahan bagaimana cara membatik, para siswa juga langsung melakukan praktek dalam pembuatan Batik lokal Pati.


Salah satu siswa kelas 6 SD Kanisius Pati yang turut dalam kegiatan membatik tersebut adalah Cristiana Beatrica Br Saragi yang merupakan putri Dandim 0718/Pati Letkol Inf Jon Young Saragi, S.Sos. 


Para Babinsa Koramil 02/Juwana juga turut melaksanakan pendampingan dalam kegiatan tersebut diantaranya Sertu Sutrimo Babinsa desa Langgenharjo, Serda Sunardi Babinsa desa Bakaran Kulon dan Serda Warso Babinsa desa Agungmulyo.(RED)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)