Masyarakat Tambakromo Meramaikan Dan Peringati Haul Nyi Ageng Ngerang

media suara kita
0

 

Uri-Uri Tradisi Budaya Jawa, Peringati Haul Nyi Ageng Ngerang

PATI-mediasuarakita.com – Warga Desa/Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, jawa tengah, mengadakan kirab atau haul Nyi Ageng Ngerang, Haul ini merupakan rangkaian dari berbagai agenda dalam menghormati Nyi Ageng Ngerang, sekaligus memperingati tanggal 1 Syuri atau 1 Muharrom.(7/7/24).


Kirab budaya hari ini, diikuti oleh ribuan warga setempat dan dihadiri oleh Forkopimda Pati serta Forkopimcam Tambakromo yang dimulai dari halaman balai desa setempat, kemudian finish di komplek Makam Nyi Ageng Ngerang. 


Kepala Desa Tambakromo, Mohammad Su’udi  menyapaikan kepada awak media, ada 12 tumpengan. yang akan diarak oleh masyarakat. Ribuan masyarakat dari berbagai desa sekitar tampak antusias berebut tumpeng atau gunungan yang dipercayai terdapat keberkahan.

Kepala Desa Tambakromo.Mohamad Su'udi

Imbuh  Kepala Desa, haul ini sendiri dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu. Puncak acara akan dimeriahkan dengan hiburan kethoprak, yang memang suatu kewajiban harus dipentaskan oleh masyarakat Desa Tambakromo.


“Alhamdulliah pada hari ini kita telah melaksanakan kirab luwur. Puncak acaranya nanti hari Senin besok ada buka luwur, kemudian kebiasaan masyarakat sini kethoprak suatu kewajban yang harus dilakukan,” kata Kades.


Dikatakan oleh Suudi, pihaknya selaku Pemerintah Desa (Pemdes) bersama dengan pengurus makam, dan masyarakat Desa Tambakromo turut membangun dan melestarikan budaya haul Nyi Ageng Ngerang sebagai salah satu waliyullah atau penyebar agama Islam di zaman dulu.


Saat ini lanjutnya, Makam Sunan Ngerang ini menjadi salah satu daya tarik wisata religi yang ada di Kabupaten Pati. Selaku pemerintah desa, tentunya Suudi berkomitemen untuk menjaga marwah Nyi Ageng Ngerang, dimana salah satunya adalah dengan nguri-nguri budaya semacam ini.

“Kami akan terus melestarikan budaya ini. Apalagi Makam nyi ageng Ngerang menjadi objek wisata. Jadi ini sekaligus bentuk promosi wisata agar semakin ramai,” imbuhnya.


Tak hanya dukungan dari pemerintah Desa Tambakromo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati pun memasukan Haul Nyi Ageng Ngerang ini masuk dalam kalender wisata budaya yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. (@.rn)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)