Kirab Budaya Acara Haul Ki Ageng Kiringan Desa Pundenrejo puol Rame

media suara kita
0
Kepala Desa Pundenrejo

PATI-mediasuarakita.com - Haul Waliyullah Syekh Abdullah Al Asyiq tahun 2024 yang diperingati warga Desa Pundenrejo, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, tahun ini berbeda. Jika tahun sebelumnya acara karnaval hanya diikuti group marching band dari beberapa  utusan sekolah/group, juga dari masing-masing RT berpartisipasi mengikuti, kali ini acara karnaval menggelegar karena kehadiran sound horeg dengan suara dentuman kerasnya. 


Kepala Desa (Kades) Pundenrejo  Mohamad Tafaquri, Menyampaikan kepada awak media, " Kegiatan hari ini, nanti siang pukul 13.00 WIB karnaval yang diikuti grup drum band, dari masing-masing RT berpartisipasi mengikuti dengan rute berkeliling Desa Pundenrejo, Kamis (13/6/2024). 

Sound Horeq Digelar Di Lapangan Punden rejo.

Untuk acara tahun ini menggelegar karena kehadiran sound horeq  yang ikut  memeriahkan Haul Waliyullah Mbah Abdullah  Al Asyiq Ki Ageng Kiringan tahun 2024 ini. Ada sekitar 22 yang ikut, " ujar  Kades. 


Kegiatan ini, lanjutnya, sudah dimulai dari hari Rabu (12/6/2024) kemarin untuk memeriahkan Haul Waliyullah Mbah Abdullah Al Asyiq. Ada kegiatan bidang olah raga yang sudah berjalan selain dari kegiatan yang sudah disebutkan. 


Adapun puncak acara, nanti malam tahlil Arang-arang Kambang, tahlil yang acaranya paling di tunggu-tunggu, dinantikan  masyarakat, mengharapkan, ngalab  berkah dari Waliyullah Mbah Abdullah Al Asyiq, " imbuhnya. 

Sound Horeq

Dengan adanya ikut berpartisipasi memeriahkan haul, masyarakat pada khususnya dan lingkungan sekitar umumnya mengharap dapat mendapatkan berkah, mendapatkan karomah dari Waliyullah Mbah Abdullah Al Asyiq, sehingga kehidupannya  didunia dapat bisa berkah, bermanfaat dari  keluarga putra wayahnya diberikan keselamatan, diberikan istiqomah beribadah," ungkapnya. 


Disebutkan Kades, untuk besuk siang, Jumat (14/6/2024) acara buka slambu, buka slambu yang  lama di ganti slambu yang baru dilanjutkan lelang slambu lama dan dilanjutkan tahlil umum sekaligus pengajian kyai dari Jepara. Malamnya tahlil penutup kegiatan burdah alasik. 


Dengan adanya Haul ini mengharapkan  dapat berkah dan karomah dari Waliyullah Mbah Abduloh Asyiq  Ki Ageng Kiringan, " tandasnya. 


Sementara itu salah seorang warga yang turut menyaksikan acara karnaval di lapangan sepak bola, saat diajak berbincang mengenai kegiatan Haul ini mengatakan tahun ini acara karnaval nya menggelegar karena  suara sound sistem yang diangkut truk-truk itu. Menggelegar sekali pak suaranya. 


Tahun kemarin (2023 red) tidak menggelegar seperti ini, biasa-biasa saja, hanya suara dari  drum band dan suara sound pengiring saja, " pungkasnya. (@.red)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)